Peningkatan Volume Sampah Saat Musim Hujan Diantisipasi

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 04 Oktober 2017 14:46 WIB | Dibaca 775 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Memasuki musim hujan, Dinas Lingkungan Hidup telah bersiap mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah, terutama di kali atau sungai.

" Kalau ada penumpukan sampah akan langsung ditangani"

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji menuturkan, pada musim hujan petugas akan bekerja ekstra. Selain itu, armada juga disiagakan selama 24 jam guna mengantisipasi adanya penumpukan sampah.

"Kami punya command center. Kalau ada penumpukan sampah akan langsung ditangani," kata Isnawa, Rabu (4/10).

Dijelaskannya, sampah dari kali saat musim kemarau mencapai 300 ton, namun di musim hujan biasanya meningkat hingga 500 ton.

"Ketika musim hujan, kita memberlakukan sistem piket dan petugas akan melaporkan kondisi terkini di pintu air dan saringan sampah," terangnya.

Ia menambahkan, berbagai upaya lain juga sudah dilakukan untuk menangani persoalan sampah di musim penghujan. Mulai kesiapsiagaan dan ketersediaan alat berat di lokasi vital, hingga kerja sama dengan daerah penyangga Jakarta.

"Truk sampah sudah kami bagi ke tingkat suku dinas, tapi kami juga punya cadangan 20 truk sampah di dinas. Jadi, kalau ada yang darurat kami bisa kerahkan truk sampah dari dinas," tandasnya.