• KESEHATAN
  • UTD PMI Jaktim dan Jaksel Bakal Beroperasi Desember 2017

UTD PMI Jaktim dan Jaksel Bakal Beroperasi Desember 2017

UTD PMI DKI Cabang Jaktim dan Jaksel Diprediksi Beroperasi Desember

Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Sub Unit Jakarta Timur dan Selatan ditarget mulai beroperasi pada Desember 2017.

" Ini untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat"

Untuk UTD PMI Cabang Jakarta Timur berlokasi di Jl I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit. Sedangkan, di Jakarta Selatan berlokasi di Jl Condet Pejaten Raya, Kecamatan Pasar Minggu.

Direktur UTD PMI DKI Jakarta, Salimar Salim menuturkan, saat ini gedung dalam tahap akhir renovasi. Kemudian dilakukan perekrutan SDM, dan ketersediaan alat atau perlengkapan pendukung.

"Paling lambat Desember sudah ada. Untuk pengambilan darah di lantai atas, kemudian untuk donornya di lantai bawah," kata Salimar, Rabu (20/9).

Dijelaskannya, anggaran untuk operasional UTD PMI DKI Jakarta Jakarta Selatan dan Timur sebesar Rp 4 miliar. Biaya ini tidak hanya mencakup renovasi bangunan, tetapi meliputi penyediaan genset dan alat laboratorium yang harus sesuai standar kesehatan.

"Genset diperlukan untuk mengantisipasi padamnya listrik dari PLN. Sebab, darah harus tetap dalam kondisi baik," terangnya.

Ia menambahkan, keberadaan UTD PMI DKI Jakarta di kedua cabang itu bertujuan memangkas waktu pendistribusian darah kepada pasien yang membutuhkan darah.

"Ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jadi, mereka tidak perlu jauh datang ke Kantor Pusat PMI DKI Jakarta," tandasnya.