Pembayaran Berbagai Moda Transportasi Jabodetabek Didorong Gunakan Satu Kartu

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Kamis, 07 September 2017 18:04 WIB | Dibaca 811 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Pembayaran moda transportasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) ke depan akan didorong menggunakan satu kartu. Nantinya kartu tersebut bisa digunakan di berbagai moda transportasi umum.

" Nanti ke depannya kami ingin ada satu kartu yang bisa digunakan untuk pembayaran berbagai moda transportasi di Jabodetabek"

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of undertsnading (MoU) dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Bank Indonesia (BI) terkait program ini.

"Nanti ke depannya kami ingin ada satu kartu yang bisa digunakan untuk pembayaran berbagai moda transportasi di Jabodetabek," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/9).

Menurut Andri, selama ini masing-masing moda transportasi memiliki kartu sendiri-sendiri, seperti kartu milik PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dan PT. Transportasi Jakarta. Ke depan, moda transportasi akan bertambah setelah beroperasinya kereta bandara, kereta cepat, Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT) dan lain sebagainya.

"Bahkan di negara maju kartu itu bisa digunakan untuk minimarket. Jadi masyarakat tidak usah pegang banyak kartu," ucapnya.

Andri mengaku akan terus berkoordinasi dengan BI untuk mengimplementasikan kerjasama yang telah ditandatangani. Diharapkan dalam waktu dekat, rencana ini bisa segera terealisasi

"Kami akan koordinasi dengan BI," tandasnya.