Djarot Lepas 817 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 01 September 2017 10:56 WIB | Dibaca 886 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, secara simbolis melepas petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban di pendopo Balaikota, Jumat (1/9) pagi.

"Kami bersyukur hingga saat ini belum ditemukan penyakit berbahaya seperti anthrax pada hewan kurban "

Tim pemeriksa hewan dan daging kurban ini beranggotakan 817 dari unsur Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Mereka menyebar ke lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulaun Seribu untuk memeriksa hewan kurban yang disembelih warga.

"Pemeriksaan ini telah berlangsung secara rutin mulai hari ini hingga Sabtu. Tahun ini, petugas pemeriksa berjumlah 817 orang yang berasal dari 300 orang dari IPB serta sisanya dari PDHI dan Dinas KPKP," ujar Djarot. 

Ia mengungkapkan, mereka akan memeriksa dan memastikan kesehatan hewan kurban  dan daging yang dipotong layak dikonsumsi warga. 

"Kalau ada penyakit seperti cacingan langsung dimusnahkan. Kami bersyukur hingga saat ini belum ditemukan penyakit berbahaya seperti antraks pada hewan kurban," tandasnya.