• KESRA
  • Pemprov DKI Bakal Perbaiki SWRO di Pulau Untung Jawa

Pemprov DKI Bakal Perbaiki SWRO di Pulau Untung Jawa

       DKI akan Lakukan Perbaikan SWRO Untung Jawa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperbaiki sea water reverse osmosis (SWRO) di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Selain ingin meningkatkan debit, perbaikan juga bertujuan meningkatkan kualitas air yang diproduksi.

"Akan diperbaiki, termasuk akan kita uji kadar airnya seperti apa "

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, untuk mendapat hasil yang maksimal perbaikan SWRO ini akan melibatkan Dinas Kesehatan dan PD PAM Jaya.

"Akan diperbaiki, termasuk akan kita uji kadar airnya seperti apa, bersama Dinas Kesehatan dan sambungannya oleh PD PAM," ujarnya, saat rapat pimpinan (rapim), Senin (21/8).

Menurut Djarot, instalasi yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) itu belum diserahterimakan ke Pemprov DKI Jakarta. Saat ini penyerahan baru sebatas operasional ke PD PAM.

"Aset DKI belum, nanti setelah kita cek betul baru nanti bikin berita acara serah terimas (BAST), kalau sekarang masih aset Kemen PUPR," katanya. 

Direktur Utama PD PAM Jaya, Erlan Hidayat menambahkan, instalasi SWRO di Pulau Untung Jawa memiliki material dengan kualitas yang relatif baik. Hanya saja, penempatan lokasi alat perlu dikaji serta dibutuhkan penyempurnaan.

"Akan ada perbaikan kualitas dan sumber air. Akan ada beberapa investasi nggak apa-apa," tandasnya.