• PEMERINTAHAN
  • Pemprov DKI Komitmen Terapkan Keterbukaan Informasi Publik

Pemprov DKI Komitmen Terapkan Keterbukaan Informasi Publik

 Pemprov DKI Komitmen Terapkan Keterbukaan Informasi Publik

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen akan terus melaksanakan keterbukaan informasi publik. Bahkan, hingga saat ini tercatat sudah ada 1.100 data set yang ditampilkan dalam portal Open Data.

" DKI termasuk salah satu pemerintah daerah yang sangat komit untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik"

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, jumlah data set yang ditampilkan dalam Open Data akan terus bertambah. Mengingat informasi yang ada dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga terus berkembang.

"DKI termasuk salah satu pemerintah daerah yang sangat komit untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (2/8).

Menurut Dian, hingga kini pihaknya masih terus mengembangkan pengolahan data yang ada. Sehingga diharapkan ke depan data-data yang dimiliki bisa digunakan untuk pengambilan keputusan kepala daerah.

"Kami terus kembangkan karena belum memahami bagaimana cara membuat data itu jadi informatif. Baik pemilik data maupun bagi pihak-pihak yang membutuhkan data," katanya.

Dian menambahkan, data-data yang ada berasal dari SKPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Data yang terkumpul sendiri merupakan hasil dari proses pelaksanaan pengelolaan pemerintahan di masing-masing SKPD.

"Data-data ini nantinya sebagai representasi informasi yang ada di SKPD," tandasnya.