Meriahkan HUT RI, Pemprov DKI Gelar Gebyar Jakarta Merah Putih

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Jumat, 14 Juli 2017 14:56 WIB | Dibaca 1982 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Gebyar Jakarta Merah Putih untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72. Berbagai rangkaian kegiatan pun digelar untuk memeriahkan acara tersebut.

" Ada surat dari Kemendagri agar kami mengadakan pentas seni dalam rangka Jakarta Merah Putih. Kami nanti buat gebyarnya dengan berbagai acara"

Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekda DKI Jakarta, Bambang Sugiono mengatakan, acara Gebyar Jakarta Merah Putih dihelat atas arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Rangkaian acara ini rencananya digelar mulai 16-19 Agustus mendatang.

"Ada surat dari Kemendagri agar kami mengadakan pentas seni dalam rangka Jakarta Merah Putih. Kami nanti buat gebyarnya dengan berbagai acara," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (14/7).

Menurut Bambang, sejumlah acara yang akan digelar saat Gebyar Jakarta Merah Putih seperti pentas malam lagu perjuangan dari Keroncong Tugu dan Goes Plus. Acara lainnya tasyakuran di halaman Balai Kota DKI Jakarta dengan pemotongan tumpeng merah putih dari tingkat provinsi, lima kota dan satu kabupaten.

"Bersamaan acara ini juga akan digelar kesenian gambus. Nanti setiap wilayah mengirimkan grup gambus masing-masing agar lebih meriah. Nanti juga diadakan malam apresiasi seni budaya dengan menampilkan marawis remaja serta gambang kromong," ucapnya.

Ia melanjutkan, rangkaian acara ini digelar di Balai Kota DKI Jakarta dari 16 Agustus dilanjutkan dengan upacara bendera pada 17 Agustus. Puncak acara sendiri rencananya ditutup pada Sabtu (19/8) mendatang dan dihadiri para pejabat mulai dari eselon III hingga eselon I.

Acara akan dimulai dengan Gebyar RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) yang diikuti 2.200 anak-anak di Ibukota. Mereka akan melakukan parade anak mulai dari Silang Monas hingga Balai Kota DKI Jakarta. Selanjutnya diadakan lomba memasak dan menyanyi bagi para pejabat eselon I, eselon II, dan eselon III.

"Malamnya akan digelar Lenong Betawi dan Wayang Kulit bersama Ki Entus. Semuanya terbuka untuk umum dan bisa dinikmati warga Jakarta," tandasnya.