13 Bangunan di Jatinegara Dibongkar

Reporter : Nurito | Editor : Erikyanri Maulana | Sabtu, 30 Agustus 2014 12:10 WIB | Dibaca 3194 kali
13 Bangunan di Jatinegara Dibongkar (Foto : Adi Alfiyan / Beritajakarta.id)

Pembongkaran bangunan di sepanjang Kali Ciliwung, Jl Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara kembali dilanjutkan hari ini, Sabtu (30/8). Kali ini, sebanyak 13 bangunan berlantai tiga berhasil dibongkar hingga rata dengan tanah.

" Setelah ini akan masuk empat amphibi ke Ciliwung. Alat berat juga akan diturunkan dari Kementerian PU untuk pemasangan sheet pile"

Pembongkaran dilakukan menggunakan tiga alat berat jenis beckho serta dua unit mobil pemadam.

Kasatpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso menuturkan, ditargetkan pembongkarann di bantaran Kali Ciliwung tersebut rampung hari ini. "Setelah ini akan masuk empat amphibi ke Ciliwung. Alat berat juga akan diturunkan dari Kementerian PU untuk pemasangan sheet pile," ujar Kukuh, Sabtu (30/8).

Setelah selesai dibongkar, kata Kukuh, proses selanjutnya akan dikerjakan Kementerian PU yang akan melakukan normalisasi Ciliwung.

Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Jaringan Utilitas Dinas PU DKI Jakarta, Edy Sudrajat mengatakan, ke-13 pemilik bangunan yang telah dibongkar itu saat ini memang belum diberikan ganti rugi. Pihaknya sudah menyerahkan pada P2T (panitia pengadaan tanah) Jakarta Timur untuk mempercepat proses pembayaran.

"Warga yang miliki surat akan lengkap tentu akan dibayar sesuai NJOP. Bahkan bangunan beserta isinya akan diberikan ganti rugi. Hanya saja yang melakukan pembayaran adalah P2T Jakarta Timur," kata Edy.

Sejauh ini, petugas Satpol PP tengah menyelesaikan proses pembongkaran. Ratusan pemulung juga langsung berkerumun di lokasi pembongkaran.

TOP