Lurah di Jakpus Diminta Dukung Program Sertifikasi Tanah

Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Andry | Kamis, 18 Mei 2017 14:08 WIB | Dibaca 1465 kali
(Foto : Jhon Syah Putra Kaban / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede meminta kepada seluruh lurah di wilayahnya untuk mendukung program sertifikasi tanah atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang tengah dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) bulan ini. 

" Bila memang kendalanya dari lurah ataupun camat, akan kita dongkrak lagi kerjanya"

Para aparatur wilayah ini bahkan diminta untuk memberikan surat rekomendasi bagi warga yang ingin mensertifikasi tanahnya melalui program tersebut.

“Kita akan terus berkoordinasi apa saja kendala yang dihadapi BPN dalam program PTSL ini. Bila memang kendalanya dari lurah ataupun camat, akan kita dongkrak lagi kerjanya," ujar Mangara, Kamis (18/5).

Ia juga menginginkan, Surat Keterangan Tanah (SKT), pengukuran dan pendaftaran sertifikasi tanah ini dijadikan satu. Sebab, selama ini pengukuran dan pendaftaran sertifkasi tanah dalam program tersebut dilakukan terpisah atau masing-masing.

“Kalau tanah yang diukur di lokasi sama kenapa tidak disatukan saja. Tidak perlu diukur lagi agar masyarakat tidak bayar dua kali. Saya nanti akan sampaikan hal ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPN Jakarta Pusat  Thontowi menjelaskan, program PTSL di wilayah ini sudah dilakukan sejak 19 April lalu di Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih Barat, Rawasari, dan Kebon Kosong.