PPDB Online Digelar Serentak di Semua Jenjang Pendidikan

PPDB Online Tahun Ini Dibuka Serentak Semua Jenjang Pendidikan

Mulai tahun ini, Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online dibuka serentak di seluruh jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

" Tahun ini dilakukan serentak di semua jenjang. Jadi berbarengan semuanya"

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adriyanto mengatakan, biasanya PPDB online dilakukan sesuai jenjang pendidikan. Namun kali ini PPDB online digelar serentak di semua jenjang pendidikan.

"Tahun ini dilakukan serentak di semua jenjang. Jadi berbarengan semuanya," ujarnya, Senin (1/5).

Dikatakan Sopan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan instansi terkait pelaksanaan PPDB online. Di antaranya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Stastistik (Kominfotik) DKI Jakarta serta provider untuk jaringan internet.

Menurut Sopan, pihak provider penyedia jaringan internet telah melipatgandakan bandwidth. Sehingga diharapkan pada pelaksanaan PPDB online nanti tidak terjadi server down. "Semua sudah dilipatgandakan untuk menunjang pelaksanaannya," katanya.

Sopan memastikan akan mempersiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan PPDB online berjalan lancar tanpa ada kendala. Rencananya, PPDB online sendiri akan dibuka pada Juni 2017 mendatang. "Sejak awal sudah kami persiapkan agar tidak terjadi lagi server down," ucapnya.

Ditambahkan Sopan, PPDB kali ini, pihaknya membagi penerimaan siswa yakni lima persen untuk jalur prestasi, lima persen luar DKI, 45 persen lokal dan 45 persen untuk umum.

"Zona umum itu misalnya siswa di Jakarta Barat tapi minat di Jakarta Timur dibolehkan menyebrang. Kalau lokal di zona situ saja," tandasnya.