DKI Ikuti C40 Mayors Summit 2016 di Meksiko

Reporter : Nani Suherni | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 02 Desember 2016 15:10 WIB | Dibaca 4051 kali
DKI Ikuti C40 Mayors Summit 2016 di Meksiko (Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali mengikuti kegiatan C40 Mayors Summit yang di 2016 ini merupakan penyelenggaraan keenam, di Meksiko. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 30 November-2 Desember 2016.

" Jakarta pernah dua kali berturut-turut menjadi runner up dalam kategori adaptasi untuk proyek Revitalisasi Waduk Pluit dan Proyek Penataan Sungai Ciliwung"

Dalam kegiatan ini, Pemprov DKI Jakarta diwakili oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Oswar Mungkasa bersama perwakilan dari Bappeda, Biro KDH dan KLN, dan Dewan Riset Daerah.

Oswar juga menjadi salah satu narasumber dalam talk show pada pembukaan C40 Summit 2016 di Mexico City. Ia mengatakan, C40 atau yang lebih dikenal dengan Cities Climates Leadership Group adalah organisasi global yang anggotanya negara berkembang.

Sebelumnya terdapat 40 kota besar saat ini menjadi 90 kota besar dunia yang berkomitmen dalam mengatasi perubahan iklim melalui kolaborasi, pengembangan inovasi, berbagi pengetahuan, dan meningkatkan visibilitas tentang potensi global penanganan iklim di kota.

"Jakarta pernah dua kali berturut-turut menjadi runner up dalam kategori adaptasi untuk proyek Revitalisasi Waduk Pluit dan Proyek Penataan Sungai Ciliwung," ujar Oswar, Jumat (2/12).

Awards diberikan dalam 10 kategori dan memberikan pengakuan global untuk kota yang menunjukan kepemimpinan dalam penanganan iklim, baik adaptasi maupun mitigasi.

Jakarta menjadi salah satu dari 11 anggota Steering Committee C40 mewakili South East Asia Region. Selain itu juga menjadi anggota dari beberapa anggota kelompok jejaring seperti Connecting Delta Cities yang merupakan kelompok kerja kota delta dari anggota C40 yang diketuai Mayor Rotterdam, Solid Waste Networking, TOD Networking, dan BRT Networking.

"Kali ini juga akan diserahkan penghargaan C40 Cities Awards, yang diselenggarakan dalam kemitraan dengan Bloomberg filantropis," tandasnya

Tema kali ini adalah "C40 will turn the Paris Agreement from Aspiration to Action", tujuannya berusaha menahan kenaikan panas bumi hanya satu derajat celcius.

Sebelumnya pertemuan C40 telah diselenggarakan di Johannesburg (2014), Sao Paulo (2012), Seoul (2009), New York (2007) dan London (2005).

Pertemuan ini pernah diselenggarakan di Jakarta dengan mengundang kota-kota dunia yang menghadapi tantangan yang sama. Pembukaan C40 summit oleh Mayor Rio de Janeiro, Mr Eduardo Paes, selaku Ketua C40 yang akan berakhir masa jabatannya dan digantikan Madame Anne Hidalgo, Mayor Kota Paris.

TOP