TPU Tegal Alur & Utan Jati Ramai Didatangi Peziarah

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Widodo Bogiarto | Senin, 28 Juli 2014 17:11 WIB | Dibaca 3804 kali
(Foto : Bayu Suseno / Beritajakarta.id)

Lazimnya di hari pertama Idul Fitri, setelah bersilaturahmi ke keluarga dan sanak saudara, warga kemudian berbondong-bondong melakukan ziarah ke makam keluarganya. Demikian halnya yang terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur dan Utan Jati di Jakarta Barat. Sejak pagi dua TPU tersebut ramai didatangi peziarah.

" "

Pantauan beritajakarta.com, TPU Tegal Alur yang berlokasi di Jl Kamal Raya, Kalideres tampak mulai ramai dikunjungi peziarah sejak pukul 10.00. Mereka terlihat berdoa dan membersihkan makam keluarganya masing-masing.

Iswadi (48), warga RT 07/02, Kelurahan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk mengatakan, dirinya bersama istri dan tiga anaknya serta sanak-saudaranya, sengaja datang mengunjungi makam kedua orang tuanya di TPU Tegal Alur untuk  mendoakan kedua orangtuanya yang sudah meninggal dunia.

“Sudah jadi tradisi seluruh kelurga besar saya, setiap Lebaran hari pertama, selesai sholat Ied langsung ke kuburan untuk berdoa,” ujar Iswadi, Senin (28/7).

Ramli (50), petugas TPU Tegal Alur memperkirakan jumlah peziarah yang datang akan semakin ramai pada siang dan sore hari.  “Sekarang ini saja sudah ratusan peziarah. Dan akan semakin ramai menjelang sore hingga ribuan peziarah,” jelasnya.

Hal senada diutarakan Beni (55), warga RT 04/06, Kelurahan Durikosambi, Cengkareng. Bersama Istri dan lima anaknya, menantu serta cucu, sengaja datang ke TPU Utan Jati untuk berziarah ke makam orang tua istrinya yang dimakamkan di TPU tersebut lima tahun lalu.

“Momen ini memang kami lakukan setiap tahun, karena memang kumpul keluarga. Sebab, besoknya sudah punya acara masing-masing,” terang Beni.