Basuki Ingin Pelanggar Trase Kali Krukut Segera Ditertibkan

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Rabu, 12 Oktober 2016 14:13 WIB | Dibaca 3195 kali
(Foto : Yopie Oscar / Beritajakarta.id)

Bagian halaman belakan Hotel Pop Kemang, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang menyalahi trase Kali Krukut harus segera dibongkar.

" Trase sudah jadi. kami mulai tertibkan yang hotel. Hotel yang halamannya luas itu, sama saja mereka mereklamasi sungai pelan-pelan"

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan trase Kali Krukut telah selesai dibuat. Langkah selanjutnya tinggal dilakukan pembongkaran terhadap bangunan yang terkena trase seperti Hotel Pop.

"Trase sudah jadi. kami mulai tertibkan yang hotel. Hotel yang halamannya luas itu, sama saja mereka mereklamasi sungai pelan-pelan," katanya  di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (12/10).

Ia mengungkapkan, pembongkaran terhadap bangunan yang terkena trase dan tidak memiliki sertifikat dilakukan untuk mengembalikan lebar sungai seperti semula dengan program normalisasi.

"Sungainya dulu 60 meter, sekarang tinggal 10-20 meter. Jadi pasti direklamasi. Sama seperti itu hotel. Halamannya berbatasan dengan sungai. Tanahnya hasil urukan lalu dibikin jalan pakai conblock lagi," ujarnya.

Basuki menyampaikan akan memprioritaskan membongkar bangunan di bantaran Kali Krukut yang tidak memiliki sertifikat. "Kalau yang trasenya jelas-jelas nyolong, kami akan bongkar," tandasnya.