DKI Siapkan 800 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Budhi Firmansyah Surapati | Sabtu, 27 Agustus 2016 09:54 WIB | Dibaca 2752 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahan Pangan (KPKP) DKI Jakarta akan menerjunkan sebanyak 800 petugas pemeriksa hewan kurban. Petugas dikerahkan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang masuk ke tempat-tempat penampungan di wilayah Ibukota.

" Ada 800 petugas yang akan disebar, pemeriksaan akan dimulai Senin"

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, pemeriksaan hewan kurban akan dimulai pada Senin (29/8) pekan depan. 

"Ada 800 petugas yang akan disebar, pemeriksaan akan dimulai Senin," kata Darjamuni, Sabtu (27/8).

Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin kualitas daging hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah layak konsumsi. Petugas akan berkeliling untuk memeriksa kesehatan hewan, baik sebelum maupun saat pemotongan.  

Ratusan petugas yang dikerahkan yang terdiri dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), serta petugas dari Dinas Kelautan dan Pertanian serta suku dinas di lima wilayah. 

"Kami bekerjasama dengan Kementerian Pertanian untuk pemeriksaannya. Selain itu pemeriksaan juga dibantu oleh Satpol PP," ujarnya.

Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi seperti surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal. Sementara untuk kesehatan hewan, pemeriksaan meliputi suhu badan, mata, hidung, gigi, dan sampel darah.

Jika dalam pemeriksaan ada hewan yang sakit ringan maka akan dilakukan perawatan. Sementara jika ditemukan berpenyakit antraks, kuku, maupun mulut akan langsung dipisahkan dan dimusnahkan.