Cengkareng Timur Target Operasi Binduk

Reporter : Folmer | Editor : Nani Suherni | Rabu, 27 Juli 2016 12:45 WIB | Dibaca 2545 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat melakukan operasi bina kependudukan (Binduk). Kelurahan Cengkareng Timur menjadi target utama operasi, sebab salah satu wilayah yang berpotensi dimasuki pendatang baru.

" Binduk akan digelar di wilayah RT 06/RW 14, Cengkareng Timur yang target sasarannya adalah rumah kos"

Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi mengatakan, binduk digelar secara rutin pasca Lebaran. Tujuannya, agar warga pendatang di Ibukota mematuhi aturan kependudukan yang berlaku.

"Jakarta Barat merupakan salah satu wilayah yang memiliki tingkat kepadatan tinggi yang saat ini berjumlah 2,4 juta jiwa dengan rata-rata jumlah penduduk 18 ribu per kilometer," ujarnya, Rabu (27/7).

Anas memperkirakan jumlah warga yang tinggal di delapan kecamatan se Jakarta Barat setiap tahunnya bertambah. Dengan perkiraan jumlah pendatang baru sekitar 15 ribu jiwa dengan perincian 8.000 pria dan 7.000 wanita.

Sementara Kasudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Barat, M Hatta menjelaskan, pihaknya memprioritaskan kegiatan biduk di Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng karena wilayah ini menjadi salah satu tempat pendatang baru.

"Binduk akan digelar di wilayah RT 06/RW 14, Cengkareng Timur yang target sasarannya adalah rumah kos," tandasnya.

Pendatang yang terjaring operasi biduk akan dibuatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).