Sudin Dukcapil Jaksel Sebar Formulir Pendatang Baru

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Nani Suherni | Senin, 11 Juli 2016 16:38 WIB | Dibaca 2600 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan, Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan akan melakukan pendataan pendatang baru pada 16-29 Juli 2016 melalui petugas Dukcapil di setiap kelurahan.

" Distribusi form akan dilakukan saat rakor pada tanggal 14 Juli 2016 di Sudin Dukcapil Jakarta Selatan sekaligus rapat teknis"

Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Sapto Wibowo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan formulir isian biodata pendatang baru ditingkat RT dan kelurahan masing-masing.

"Distribusi form akan dilakukan saat rakor pada tanggal 14 Juli 2016 di Sudin Dukcapil Jakarta Selatan sekaligus rapat teknis. Petugas sebagai penanggung jawab penuhnya nanti yang nyamperin akan dibantu RT," kata Sapto, Senin (11/7).

Ditambahkan Sapto, pihaknya belum bisa memprediksi jumlah pendatang baru yang masuk di Jakarta Selatan, pasalnya masih menunggu hasil monitoring arus mudik balik yang dilakukan tingkat dinas.

Setelah pendataan, sambung Sapto, selanjutnya akan dilakukan kegiatan pembinaan penduduk (Biduk) di sembilan kecamatan kecuali Kecamatan Pesanggrahan.

"Kecamatan Pesanggrahan sudah dilaksanakan pada bulan Mei kemarin, tapi kalau memang hasil pendataan jumlah secara signifikan tinggi juga akan kita lakukan giat biduk," tuturnya.

Menurut Sapto, pihaknya memprioritaskan beberapa kecamatan untuk dilaksanakan Biduk diantaranya Kecamatan Kebayoran Lama karena terdapat usaha konveksi. Kemudian di Pasar Minggu dan Mampang Prapatan yang umumnya pendatang baru bekerja di sektor informal.

"Harapan kami mereka pendatang baru menjadi pendatang yang patuh terhadap peraturan dan tinggal di daerah yang sudah tertata," tandas Sapto.