Kali Sentiong di Tanjung Priok Berubah Bersih

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Andry | Kamis, 26 Mei 2016 15:58 WIB | Dibaca 9627 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Program normalisasi kali dan sungai di Ibukota yang digencarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta semakin terlihat dampaknya. Sejumlah kali yang semula berkondisi bau dan kotor dipenuhi sampah, kini telah berubah menjadi bersih. Perubahan kondisi kali seperti ini salah satunya bisa dilihat di Kali Sentiong, Jalan Rd. H. Keneng Mudastir, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

" Kalau dibandingkan sebelumnya jauh sekali. Dulu parah, kali isinya sampah semua"

Pantauan Beritajakarta.com, sampah rumah tangga seperti plastik, botol minuman, kasur hingga ban yang sebelumnya memenuhi Kali Sentiong sudah tidak nampak. Kali dengan lebar sekitar delapan meter yang berada dekat Jubilee School dan berbatasan dengan wilayah Jakarta Pusat tersebut sebaliknya telah berubah menjadi bersih dan tidak lagi menebar aroma tak sedap.

Jupri (25) salah satu warga Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat mengakui jika kondisi kali ini telah jauh berbeda dari sebelumnya. Kali tersebut saat ini sudah jauh lebih bersih dan menjadi enak dipandang, terutama saat diterangi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) pada malam hari.

"Kalau dibandingkan sebelumnya jauh sekali. Dulu parah, kali isinya sampah semua. Semenjak Pak Gubernurnya Ahok perubahannya sangat drastis ," katanya saat ditemui di lokasi, Kamis (26/5).

Menurut Jupri, meski masih berwarna hitam, air dari Kali Sentiong sudah tidak lagi menebar bau tidak sedap. Setiap harinya, belasan petugas kebersihan selal rutin membersihkan sampah di kali tersebut.

"Sekarang setiap hari dibersihin ada sekitar 12 sampai 15 petugas dan sudah tidak bau, meskipun airnya masih hitam," tandasnya.