4.046 PHL Dikerahkan Bersihkan Sampah di Perairan

Reporter : Nurito | Editor : Budhi Firmansyah Surapati | Selasa, 24 Mei 2016 21:16 WIB | Dibaca 6668 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggencarkan program kali bersih (Prokasih). Untuk menyuksekan program itu, Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan mengerahkan sebanyak 4.046 pekerja harian lepas (PHL) yang akan melakukan pembersihan kali, waduk, saluran PHB dan tepi pantai.

" Totalnya ada 4.046 PHL yang kita kerahkan untuk membersihkan sampah di perairan. Mulai dari waduk, kali, saluran Phb hingga tepi pantai"

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, untuk menjaga kebersihan setiap saluran PHB, dikerahkan 2 hingga 10 PHL. Jumlah tersebut disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Termasuk kali dan waduk atau situ dibagi dengan sistem zona dalam pengerjaan pembersihannya.

“Totalnya ada 4.046 PHL yang kita kerahkan untuk membersihkan sampah di perairan. Mulai dari waduk, kali, saluran PHB hingga tepi pantai,” kata Isnawa, Selasa (24/5).

Menurutnya, dari sekitar 1.118 saluran PHB, baru sekitar 40 persennya yang sudah bisa ditangani dengan baik. Selebihnya masih dalam proses pembersihan para petugas PHL.

Selanjutnya untuk menjaga agar kondisi air tetap bersih, pihaknya menjalin kerja sama dengan masyarakat yang tinggal di bantaran kali untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga air kali tetap bersih dan bebas sampah.

Selain itu, untuk menekan angka pembuang sampah sembarangan, pihaknya juga rutin melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Terhadap para pelanggar akan dikenakan sanksi sesuai Perda Nomor 3/2013 tentang  Pengelolaan Sampah di DKI Jakarta.

"Teman-teman PHL saya harap juga sudah tidak takut lagi bertindak kepada pelaku pembuang sampah sembarangan. Karena sudah ada perintah dari gubernur untuk dilakukan penindakan," tandasnya.