410 Personel Balakar di Jakbar Siap Bertugas

Reporter : Folmer | Editor : Nani Suherni | Senin, 18 April 2016 16:51 WIB | Dibaca 9222 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Sebanyak 410 personel Barisan Sukarelawan Kebakaran (Balakar) siap bertugas di 22 pos dan sektor di Jakarta Barat.

" Mereka mulai hari ini resmi menunaikan piket . Balakar akan disebar di delapan wilayah kecamatan"

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat, Hardisiswan mengatakan, tugas personel Balakar diantaranya membantu di lokasi saat pemadaman kebakaran yakni menggelar, menyambung selang, membantu di sumber air, mengontrol jalur selang dan aliran air.

"Balakar tidak diperkenankan mengoperasikan nosel atau pemadaman langsung. Tugasnya hanya di belakang membantu petugas pemadam," katanya, Senin (18/4).

Tugas lainnya, lanjut Hardisiswan, personel Balakar membantu sarana dan prasarana yang sudah diberikan Sudin PKP Jakarta Barat yang ada di masyarakat.

"Serta ikut serta mensosialisasikan pencegahan kebakaran kepada masyarakat sebagai perpanjang tanganan sudin PKP. Jadi tugasnya Balakar mengawasi dan membantu," tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya sebelumnya telah memberikan alat pelindung diri (APD) bagi ratusan personel Balakar saat menunaikan tugas di lapangan.

Selama bertugas, ratusan Balakar ini juga tidak menerima upah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. "Personel Balakar hanya diberikan makan minum terhitung mulai bulan April hingga Desember 2016," tandasnya.