Sentra Ikan Hias Lokbin Muria Dalam Diresmikan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Nani Suherni | Kamis, 07 April 2016 14:19 WIB | Dibaca 8925 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan meresmikan Sentra Pemasaran Aneka Ikan Hias, Aquarium dan Peralatannya, di Gedung Lokbin Muria Dalam Lantai 2, Jalan Menteng Atas Barat, Setiabudi, Kamis (7/4)

" Ini bentuk pemberdayaan pedagang dan peternak ikan, yang kebanyakan warga Menteng Atas. Jadi tempat lokbin yang merupakan fasilitas Pemda "

Ada sebanyak 25 peternak ikan hias yang terdaftar menjadi pedagang ikan hias binaan di lokbin ini. Pedagang-pedagang ini adalah peternak ikan hias yang tergabung dalam Kelompok Tani Ikan dan Tanaman Hias Menteng Atas (Komentas).

"Ini bagus dikembangkan, mungkin ke depan bisa menyaingi Pusat Ikan Hias di Jalan Sumenep. Anak-anak Menteng Atas bisa sambil kerja di sini. Pak lurah kita minta semaksimal mungkin mudah-mudahan kelompok ini menjadi embrio ikan hias di Jakarta Selatan," kata Tri Kurniadi, Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (7/4).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Menengah Kecil dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi mengatakan, dibukanya sentra ikan hias ini sejalan dengan program pemberdayaan masyarakat. Dengan dikenakan retribusi autodebet Bank DKI Rp 4.000 per harinya pedagang bisa mengembangkan usaha mereka tanpa dikenakan pungutan lainnya.

"Ini bentuk pemberdayaan pedagang dan peternak ikan, yang kebanyakan warga Menteng Atas. Jadi tempat lokbin yang merupakan fasilitas Pemda kita manfaatkan untuk memberdayakan masyarakat," ungkap Irwandi.

Ditambahkan Irwandi, sentra ikan hias di lokbin ini bisa menjadi alternatif bagi pedagang ikan hias yang lapaknya terkena penertiban. Di samping itu, lokasi ini juga bisa dijadikan tempat dilaksanakannya pameran ikan hias.

"Peternak lain boleh gabung berdagang. Kalau ada pedagang yang direlokasi karena ditertibkan, kita bisa dorong masuk ke sini. Kalau ada festival ikan hias bisa diadakan di sini," tandasnya.