Gerhana Bulan, Laut Jakarta Diprediksi Pasang

Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 23 Maret 2016 15:22 WIB | Dibaca 3836 kali
Gerhana Bulan, Laut Jakarta Diprediksi Pasang (Foto : Jhon Syah Putra Kaban / Beritajakarta.id)

Malam ini Indonesia akan mengalami gerhana bulan penumbra. Gelombang perairan laut Jakarta diprediksi akan mengalami kenaikan.

" Menurut BMKG untuk tinggi gelombang perairan Jakarta diprediksi akan mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan, dengan ketinggian maksimal 0,7 meter"

Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Bambang Surya Putra mengatakan, gerhana bulan penumbra terjadi ketika bulan sebagai satelit alam yang mengelilingi Bumi melintas di wilayah bayangan gelap Bumi, tepatnya di wilayah bayangan gelap kabur atau penumbra.

"Namun kalau diamati secara detail dengan teleskop maka akan tampak permukaan sedikit gelap, jika dipotret dan dibandingkan maka piringan bulan akan sedikit lebih redup dari pada piringan bulan saat bulan purnama," ujarnya, Rabu (23/3).

‎Menurut Bambang, dampak yang ditimbulkan dari peristiwa ini adalah gelombang laut yang meninggi dan mempengaruhi adanya tanah longsor pada tanah yang tidak stabil, namun dampak tersebut belum tentu terjadi.

"Menurut BMKG untuk tinggi gelombang perairan Jakarta diprediksi akan mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan, dengan ketinggian maksimal 0,7 meter," tandasnya.‎

Gerhana ini dapat disaksikan dari seluruh Indonesia mulai pukul 16.36, puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.47 dan berakhir pada pukul 20.57.

TOP