Kulit Kabel Dibersihkan dari Saluran Jl Medan Merdeka Selatan

Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 25 Februari 2016 14:01 WIB | Dibaca 8119 kali
Kulit Kabel Dibersihkan dari Saluran Jl Medan Merdeka Selatan (Foto : Jhon Syah Putra Kaban / Beritajakarta.id)

Dinas Tata Air DKI Jakarta melakukan pengurasan saluran di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Saat dikuras petugas menemukan pembungkus kabel utilitas yang cukup banyak jumlahnya dan menghambat air di saluran tersebut.

"Sangat menghambat jalur air, kalau dilihat dari kondisi barangnya sih sudah tahunan. Tapi memang kondisinya penuh di dalam saluran, sampai satu mobil penuh "

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan pembungkus kabel tersebut selama ini tidak pernah dibersihkan selama tahunan.‎

"Kita curiga ada yang curi kabel didalamnya, dan yang ditinggalin itu pembungkusnya. Itu yang kita bersihkan karena hambat saluran," ujarnya, Kamis (25/2).

Menurut Teguh, jumlah utilitas pembungkus kabel tersebut cukup banyak ditemukan saluran tersebut. Utilitas tersebut dinilai sudah selama tahunan berada di dalam saluran dan tak pernah dibersihkan.

"Sangat menghambat jalur air, kalau dilihat dari kondisi barangnya sih sudah tahunan. Tapi memang kondisinya penuh di dalam saluran, sampai satu mobil penuh," katanya.

Lurah Gambir, Abdul Salam mengatakan, temuan kabel tersebut sebenarnya sudah ada sejak September 2015 lalu saat PPSU kelurahan melakukan pembongkaran saluran karena kerap ada air tergenang.

"Memang kondisinya berantakan, tapi karena PPSU tidak paham itu kabel apa jadi tidak mampu ditangani juga," tandasnya.

TOP