Pemkot Ambon Belajar Pajak Online ke DKI

Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 16 Februari 2016 14:51 WIB | Dibaca 2386 kali
(Foto : Jhon Syah Putra Kaban / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota Ambon, Maluku, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Selasa (16/2). Penerapan sistem penerimaan pajak secara online, menjadi fokus pembelajaran dari Pemkot Ambon.

"Potensi penerimaan pajak di kota Ambon sebenarnya cukup bagus, makanya kita mau belajar penerapan menggunakan sistem online "

"Potensi penerimaan pajak di kota Ambon sebenarnya cukup bagus, makanya kita mau belajar penerapan menggunakan sistem online," ujar Richard Lohenapessi, Wali Kota Ambon, Selasa (16/2).

Menurut Richard, pihaknya melakukan sejumlah terobosan untuk menaikan pendapatan pajak daerah. Salah satunya dengan melakukan undian struk belanja yang digunakan di restoran, cafe dan lainnya.

"Kalau di Jakarta kan semua sudah online, jadi secara langsung dari restoran terpotong 10 persen untuk pajak daerah. Kita mau terapkan di sana, Jakarta yang luas wilayahnya besar saja bisa, apalagi Ambon yang wilayahnya tidak terlalu besar," katanya.

PLH Kepala Bidang teknologi informasi Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, ‎Elling Hartono mengatakan, ‎sejumlah materi mengenai sistem perpajakan daerah berbasis online akan diberikan kepada Pemkot Kota Ambon.

"Kita berikan gambaran sistem perpajakan kita, kalau memang mereka butuh data dan pembelajaran sistemnya kita siap support," tandasnya.