Perbaikan Saluran PHB Setu Dilakukan Secara Swadaya

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Budhi Firmansyah Surapati | Minggu, 14 Februari 2016 14:42 WIB | Dibaca 1796 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Tanggul saluran penghubung (PHB) Setu di Jalan Meninjo, RT 06/05, Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, diperbaiki secara swadaya oleh warga. Untuk menutup tanggul sepanjang 30 meter yang sebelumnya jebol, warga dibantu oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

" Ini dilakukan swadaya, warga patungan beli material bangunan seperti semen, pasir, besi dan sebagainya"

Pantauan Beritajakarta.com, sekitar 20 warga dibantu sebanyak 10 petugas PPSU melakukan perbaikan bagian tanggul setinggi satu meter. Hingga siang sekitar pukul 14.00, seluruh bagian tanggul setebal 15 sentimeter yang jebol sudah kembali ditutup.

Bambang (51), salah satu warga mengatakan, perbaikan ini dilaksanakan sejak Sabtu (13/2), kemarin. Perbaikan dilakukan secara swadaya dan tidak ada bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan, baik kecamatan maupun kelurahan.

"Ini dilakukan swadaya, warga patungan beli material bangunan seperti semen, pasir, besi dan sebagainya. Alhamdulillah kami juga  dibantu sama 10 PPSU kelurahan," kata Bambang, Minggu (14/2).

Ia menambahkan, agar turap kuat dan tidak kembali jebol pihaknya membuat 10 tiang setiap tiga meter sepanjang tanggul serta melapis dinding turap dengan  menambah jumlah bata.

Meski sudah kembali tertutup, namun dinding tanggul belum diplester. Untuk merampungkan, pekan depan warga akan kembali gotong royong.