Bus Sekolah Layani Siswa Disabilitas

Reporter : Nurito | Editor : Andry | Selasa, 02 Februari 2016 16:48 WIB | Dibaca 2434 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Terhitung mulai Selasa (2/2) ini, bus angkutan sekolah tidak hanya melayani antar jemput pelajar di sekolah umum, tetapi juga para pelajar penyandang disabilitas yang tinggal panti sosial.

"Mulai hari ini kami tidak hanya melayani siswa normal dan sekolah umum. Namun juga siswa disabilitas kita layani dengan hak yang sama "

Kepala Unit Pengelola (UP) Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Mohammad Insaf mengatakan, layanan antar jemput bus angkutan sekolah bagi penyandang disabilitas diberlakukan karena selama ini mereka pulang pergi ke sekolah dengan kendaraan kurang memadai.

"Mulai hari ini kami tidak hanya melayani siswa normal dan sekolah umum. Namun juga siswa disabilitas kita layani dengan hak yang sama. Kita akan jangkau panti-panti asuhan yang terdapat siswa disabilitasnya," katanya saat peluncuran bus sekolah untuk penyandang disabilitas di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (2/2).

Kepala Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin, Mukhlisin mengatakan, di pantinya ini terdapat 72 siswa penyandang disabilitas. Dari jumlah itu, hanya 22 siswa yang bersekolah di luar dengan menggunakan bus sekolah. Sebelumnya mereka diantar jemput menggunakan mobil pribadi.

"Dari 22 siswa itu, yang bersekolah di SDLB Negeri 7 ada 19 siswa, SMPN 50 dua siswa dan SMAN 54 ada satu siswa," tandasnya.