Basuki Minta Atlet Pomnas Pertahankan Juara Umum

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Widodo Bogiarto | Selasa, 10 November 2015 16:27 WIB | Dibaca 2359 kali
Basuki Minta Atlet Pomnas Pertahankan Juara Umum (Foto : Yopie Oscar / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku kaget atlet asal DKI telah  menjuarai 13 kali ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas). Diharapkan prestasi tesebut dapat dipertahankan pada ajang-ajang lainnya.

"Saya kaget DKI 13 kali juara Pomnas. Menangnya 13 kali, saya kira apa nggak salah nulis "

"Saya kaget DKI 13 kali juara Pomnas. Menangnya 13 kali, saya kira apa nggak salah nulis," kata Basuki, saat melepas kontigen Pomnas, di Blok G, Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (10/11).

Basuki menilai prestasi ini bisa dipertahankan oleh atlet-atlet DKI, lantaran banyaknya kampus yang ada di ibukota. Sehingga Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI memiliki atlet lebih banyak untuk diseleksi.

"Mungkin di lebih banyak kampus di DKI, jadi seleksinya lebih baik," ujar Basuki.

Basuki berharap, pada ajang yang akan diselenggarakan di Aceh Nangroe Darussalam, kontingen asal DKI bisa mempertahankan prestasinya. "Kalau tahun ini kalah memalukan juga. Sudah 13 kali menang, masa tahun ini kalah," tukasnya.

Selain itu, Basuki berharap agar prestasi membanggakan ini tidak hanya ditingkat nasional. Tetapi juga bisa ditingkat internasional. Seperti ajang Asian Games yang akan berlangsung pada 2018 mendatang.

"Ukuran kami bukan hanya Pomnas saja. Tapi ajang internasional seperti Asian Games atau SEA Games. Kami harapkan yang ikut disini, bisa ikut Asian Games 2018. Ini semacam pemanasan," terang Basuki.

Kepala Disorda DKI, Firmansyah Wahid menambahkan, kontingen asal DKI yang dikirim sebanyak 310 orang. Terdiri dari 203 atlet, 31 pelatih, 23 asisten pelatih, dan 53 ofisial. DKI mengikuti seluruh cabang olahraga yang dilombakan, yakni ada 14 cabang olah raga.

"Pertandingan berlangsung dari tanggal 14-21 November," ujar Firmansyah.

Ke-14 cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya atletik, bulutangkis, bola basket, bola voli, catur, futsal, karate, sepak takraw, panahan, pencak silat, renang, tarung derajat, tenis meja dan tenis lapangan.

"Disorda dan KONI DKI serta 14 pengprov cabor melaksanakan pembinaan pelatda atlet mahasiswa sejak bulan Agustus 2015 hingga saat ini," tandas Firmansyah.

TOP