Pelatihan Kebakaran Digelar di Semper Barat

Reporter : Suriaman Panjaitan | Editor : Widodo Bogiarto | Jumat, 16 Oktober 2015 17:05 WIB | Dibaca 4668 kali
(Foto : Suriaman Panjaitan / Beritajakarta.id)

Program pelatihan kebakaran untuk warga kembali dilakukan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara. Kali ini pelatihan digelar di RW 01 dan RW 02, Kelurahan Semper Barat, Cilincing. Pelatihan melibatkan 60 warga setempat.

"Dengan pelatihan ini, nantinya warga bisa bantu kita padamkan api sebelum petugas pemadam tiba di lokasi kebakaran "

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Satriadi Gunawan mengatakan, pelatihan ini untuk mengubah pola pikir warga yang kerap grogi saat menangani musibah kebakaran.

"Dengan pelatihan ini, nantinya warga bisa bantu kita padamkan api sebelum petugas pemadam tiba di lokasi kebakaran," kata Satriadi, Jumat (16/10).

Satriadi mengungkapkan, pelatihan ini melibatkan dua perusahaan swasta yang beroperasi di kawasan Kelapa Gading. Terlibatnya dua perusahaan tersebut sebagai bentuk kepedulian swasta terhadap bahaya kebakaran dalam hal penyediaan alat pemadam ringan (Apar).

"Pelatihan ini ada partisipasi dari CSR (Corporate Social Responsibilty). Ini bagus juga, mereka sumbangkan Apar dan makanan ringan khusus untuk pelatihan saja," ujar Satriadi.

Pantauan Beritajakarta.com, warga terlihat antusias mendapatkan pelatihan tersebut. Puluhan warga berjejer menunggu giliran memadamkankan api. Dipandu salah satu petugas pemadam, mereka secara bergiliran memadamkan api rekayasa yang disediakan pada satu unit tong.

Sumiati, salah satu peserta pelatihan mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. Padahal awalnya ia mengaku takut menghadapi api.

"Senang banget bisa memadamkan api. Saya phobia dengan api, tapi karena ada pemandunya, takut saya hilang," ucap Sumiati.

Sumiati berharap, dengan pelatihan tersebut, warga sekitar khususnya kaum perempuan, dapat turut serta membantu memadamkan api saat terjadi musibah kebakaran.