Tim Penilai Lomba Kota Sehat Tinjau Kemayoran

Reporter : Nurito | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 21 September 2015 21:57 WIB | Dibaca 3060 kali
Tim Penilai Lomba Kota Sehat Tinjau Kemayoran (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Tim penilai lomba Kota Sehat 2015 dari Kementerian Kesehatan, meninjau sejumlah titik yang menjadi bagian dari perkebunan kota di lingkungan RT 14 RW 06, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, yang mewakili DKI Jakarta dalam lomba kota sehat tingkat nasional untuk kategori ketahanan pangan dan gizi.

"Warga Kebon Kosong memiliki kreatifitas sehingga dapat memanfaatkan lahan menjadi ladang pertanian"

Tim berjumlah 15 orang yang dipimpin Kasubdit Penyehatan Kawasan dan Sanitasi Darurat (PKSD) Direktorat Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Yulikarmen, diberi kesempatan untuk mencicipi aneka kuliner dan ramuan jamu tradisional yang diproduksi oleh para petani setempat.

Yulikarmen mengatakan, warga Kebon Kosong mampu memanfaatkan lahan kosong untuk ketahanan pangan, sehngga masyarakat tidak lagi tergantung pada pemerintah. Ia berharap ini bisa berkembang secara bertahap.

"Di Jakarta ini lahan makin sulit dijadikan areal pertanian. Namun warga Kebon Kosong memiliki kreatifitas sehingga dapat memanfaatkan lahan menjadi ladang pertanian," ujar Yulikarmen, Senin (21/9).

Camat Kemayoran, Herry Purnama berharap, dalam ajang bergengsi ini wilayahnya dapat mempertahankan predikat kota sehat, seperti terjadi saat penilaian tahun sebelumnya.

"Dua wilayah kami akan mewakili DKI. RW 04 Serdang, sebagai Permukiman Sarana Sehat dan Mandiri dan RW 06 Kebon Kosong, sebagai wilayah Ketahanan Pangan dan Gizi," tandas Herry Purnama.

TOP