180 Mustahik Jakbar Dapat Pelatihan Keterampilan

Reporter : Folmer | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 26 Agustus 2015 20:26 WIB | Dibaca 2801 kali
(Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Badan Zakat Infak dan Sedekah (BAZIS) Kota Administrasi Jakarta Barat akan memberikan pelatihan keterampilan kepada seratusan penerima ZIS atau mustahik. Diharapkan setelah mendapat pelatihan, para mustahik bisa memperbaiki taraf perekonomian hidupnya.

"Pelatihannya itu yang bisa dijadikan bekal nantinya oleh mustahik "

"Ada 3 pelatihan untuk para mustahik, yang diikuti oleh 180 orang," ujar Jamhuri, Kepala BAZIS Jakarta Barat, usai acara awal rencana pelatihan mustahik, di Ruang Serba Guna Ali Sadikin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (26/8).

Menurut Jamhuri, pelatihan yang diberikan kepada mustahik yaitu keterampilan menjahit, mengurus serta memandikan jenazah atau pemulasaraan dan mengemudi. "Pelatihannya itu yang bisa dijadikan bekal nantinya oleh mustahik. Jadi diharapkan tidak lagi bergantung dari pihak lain," tuturnya.

Rencananya, lanjut Jamhuri, pelatihan untuk mustahik tersebut dilaksanakan mulai September-November 2015 ini. "Orang yang ikut itu kan banyak, jadi bertahap dari September sampai November. Pelatihnya ya praktisi, kalau dananya dari pengumpulan ZIS 2014," ucapnya.

Jumlah mustahik yang akan  pelatihan menjahit sebanyak 40 orang, untuk pemulsaraan 40 orang, dan 25 orang mengikuti pelatihan mengemudi. "Dan nanti juga ada 75 orang mustahik yang akan kita buatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C untuk mengendarai motor," tandasnya.

Sebagai simbolik dimulainya pelatihan, Wakil Wali Kota Jakarta Barat M Yuliadi menyematkan tanda peserta. Hadir pula Kepala Bazis DKI Jakarta, Zubaidi Adih dalam acara tersebut.