Gedung Pemerintahan di Jaksel Sudah Pasang Ornamen Betawi

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 25 Agustus 2015 16:41 WIB | Dibaca 2521 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Seluruh gedung pemerintahan di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan telah dipasangi ornamen atau simbol-simbol budaya Betawi.  Hal ini sesuai keingnan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama  yang meminta perkantoran milik DKI menonjolkan ornamen kedaerahan.

" Gedung pemerintahan seperti kantor kecamatan dan kelurahan sudah terpasang ornamen Betawi seperti list plank, pucuk rebung dan gigi balang"

Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Selatan Ahmad Syaropi mengatakan, pemasangan ornamen Betawi tersebut juga sesuai dengan Perda Pelestarian Kebudayaan Betawi.

"Untuk gedung pemerintahan, seperti kantor kecamatan dan kelurahan sudah terpasang ornamen Betawi seperti list plank, pucuk rebung dan gigi balang," kata Ahmad, Selasa (25/8).

Ahmad juga mengimbau ke sekolah-sekolah dan pengelola gedung swasta untuk memasang sejumlah ornamen Betawi. "Untuk pengelola gedung swasta, saat ini sifatnya hanya imbauan. Kalau nanti perda mewajibkan gedung swasta pasang ornamen Betawi, maka saya akan berkirim surat dan menegur jika belum dipasang,"  jelasnya. 

Pantauan di lapangan, ornamen Betawi terpampang di sejumlah kantor pemerintahan seperti di Kelurahan Pulo di Jalan Prapatan Raya, terdapat sepasang ondel-ondel, lalu di Kecamatan Mampang Prapatan ada ornamen Betawi berbentuk list plank.