Kolam Penahan Lumpur KBT Dikuras

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 18 Agustus 2015 09:57 WIB | Dibaca 3447 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Normalisasi kali, sungai dan waduk di ibu kota terus dikebut Dinas Tata Air DKI Jakarta. Salah satu pengerjaan yang dilakukan yakni, pengurasan kolam penahan  lumpur atau sandtrap Kanal Banjir Timur (KBT) yang berada di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

"Makanya agar aliran tidak terganggu, sandtrap mulai kita keruk dan angkat lumpurnya "

Kolam seluas 300x500 meter di aliran KBT tersebut berfungsi untuk menahan lumpur agar tidak mengalir ke muara. Dalam setahun terakhir, hampir seluruh bagian kolam itu dipenuhi lumpur yang terbawa aliran KBT.

Kepala UPT Peralatan dan Perbekalan (Alkal), Dinas Tata Air DKI Jakarta, Aris Komaris Nandika mengatakan, untuk melaksankan pengurasan kolam penahan lumpur tersebut, pihaknya mengerahkan lima alat berat terdiri dari dua unit eskavator long arm, dua unit ampibi eskavator dan satu unit dragger.

"Pengerjaannya sudah dilakukan sejak dua pekan lalu. Makanya agar aliran tidak terganggu, sandtrap mulai kita keruk dan angkat lumpurnya," ujar Aris, Selasa (18/8).

Dengan banyaknya lumpur yang memenuhi kolam, Aris memperkirakan lamanya pengurasan bisa berlangsung hingga beberapa bulan ke depan.

"Kami prediksi Oktober baru rampung. Kolam juga kita dalamkan lagi saat ini menjadi empat meter," tandasnya.