DKI Kembali Dapat Sumbangan Bus Tingkat Wisata

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Agustian Anas | Jumat, 26 Juni 2015 13:50 WIB | Dibaca 11971 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima sumbangan satu unit bus tingkat wisata dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang merupakan pemilik jaringan ritel Alfamart Alfamidi.

" Bus tingkat pariwisata ini banyak peminatnya. Namun sayang selama ini kapasitasnya masih terbatas. Tentunya, tambahan satu bus ini pasti akan sangat bermanfaat"

Sumbangan bus bermerek Mercedes Benz berwarna biru putih dengan kapasitas 69 penumpang ini diserahkan langsung oleh Corporate Affairs Director Alfamart Solihin kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota, Jumat (26/6).

Basuki mengucapkan terima kasih atas sumbangan bus tingkat wisata ini. Pasalnya, kata Basuki, keberadaan bus tingkat cukup diminati oleh warga Jakarta. Sementara jumlah armada yang tersedia saat ini masih terbatas.

"Bus tingkat pariwisata ini banyak peminatnya. Namun sayang selama ini kapasitasnya masih terbatas. Tentunya, tambahan satu bus ini pasti akan sangat bermanfaat," kata Basuki.

Dia pun berharap tambahan bus tersebut dapat menjadi ikon khas bagi Kota Jakarta sekaligus mengakomodir tingginya animo masyarakat untuk menggunakan bus tingkat itu.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin menuturkan, bus tersebut dirakit di Magelang, Jawa Tengah. Untuk proses pembuatannya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar satu tahun.

"Prosesnya membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. Bus itu didesain spesifik sesuai dengan standar Bus City Tour yang telah beroperasi, mulai dari kapasitas kursi hingga fasilitasnya," ujarnya.

Harga bus yang diimpor dari Jerman ini mencapai Rp 3,6 miliar. Bus memiliki kapasitas sebanyak 69 penumpang, lebih  besar dibandingkan bus tingkat yang sudah ada sebelumnya, hanya 60 penumpang.