Ahok dan Djarot Lepas Pawai Jakarnaval

Reporter : Andry | Editor : Agustian Anas | Minggu, 07 Juni 2015 17:36 WIB | Dibaca 2153 kali
(Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) secara resmi melepas para peserta Jakarnaval 2015, di Plaza Timur Taman Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (7/6) pukul 15.45 WIB.

" Dengan mengucap syukur, Jakarnaval secara resmi kami lepas"

"Dengan mengucap syukur, Jakarnaval secara resmi kami lepas," kata Ahok, didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dan Kepala Dinas Pariwisata dan Keb‎udayaan (Disparbud) DKI Purba Hutapea.

Purba mengatakan, Jakarnaval 2015 dilaksanakan dalam rangka HUT ke-488 kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni mendatang. Namun karena bertepatan dengan bulan puasa, acara dimajukan menjadi 7 Juni.

Jakarnaval digelar berdasarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 119 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Jakarnaval. Adapun tema yang diusung dalam Jakarnaval tahun ini yakni Gegap Gempita.

"Tema ini menggambarkan beragam komunitas yang ada di Jakarta. Jadi kota Jakarta tidak hanya‎ dimiliki etnis Betawi, tetapi juga etnis di seluruh nusantara," kata Purba.

Ia mengungkapkan, Jakarnaval merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI setiap tahun. Bila dihitung dengan tahun ini, event Jakarnaval telah digelar sebanyak 19 kali yang sejak awal diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata di ibu kota.

"Sebanyak 488 pementasan seni jalanan akan ditampilkan di Jakarnaval tahun ini dalam sebuah cerita mengenai sejarah Jakarta," ungkapnya.

Bersama itu, juga ada pawai mobil hias dari komunitas seni dan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Jakarnaval 2015 akan menjadi panggung hiburan rakyat yang diisi dan dinikmati para kelompok masyarakat," tandasnya.