Siswa SD Dikenalkan Proses Transaksi di Pasar Tradisional

Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Widodo Bogiarto | Sabtu, 06 Juni 2015 19:33 WIB | Dibaca 1838 kali
(Foto : Jhon Syah Putra Kaban / Beritajakarta.id)

Untuk memberikan edukasi sejak dini terkait proses transaksi di pasar tradisional, sebanyak 50 siswa SDN Pegangsaan 01 dan 02, Cikini mengadakan kunjungan ke Pasar Gondangdia di Jalan Srikaya 1, Kelurahan Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/6).

"Berbeda dengan pasar moder n, di pasar tradisional kan ada proses tawar menawar"

"Berbeda dengan pasar modern, di pasar tradisional kan ada proses tawar menawar. Sebenarnya di sekolah sudah ada kurikulumnya, tapi kita harapkan mereka bisa melihat dan melakukan transaksi sendiri. Masing-masing siswi kita berikan uang Rp 45 ribu untuk berbelanja," kata Ivo Edwin Aryanto, Direktur Usaha dan Pengembangan PD Pasar Jaya.

Dalam kesempatan tersebut, menurut Ivo, pihaknya juga mengenalkan kepada puluhan siswa bahwa saat ini kondisi pasar tradisional sudah lebih bersih dan nyaman. 

Rafli (10), salah satu siswa SDN Pegangsaan 01 mengaku cukup senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Dia bisa langsung menawar dan membeli barang yang diinginkan secara mandiri.

"Saya beli peralatan sekolah, harga bukunya memang tidak jauh berbeda, tapi kita bisa tawar menawar dulu sebelum membeli," tutur Rafli.