Cegah Produk Berbahaya, Pasar di Jakpus Disidak

Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Lopi Kasim | Selasa, 26 Mei 2015 14:20 WIB | Dibaca 3136 kali
Cegah Produk Berbahaya, Pasar di Jakpus Disidak (Foto : Jhon Syah Putra Kaban / Beritajakarta.id)

Untuk mencegah peredaran produk makanana berbahaya dan menjamin keamanan pangan terutama produk Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jakarta Pusat melakukan operasi terpadu dan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar.

"Ada lima pasar yang kita targetkan bebas dari produk berbahaya yaitu Pasar Kemayoran, Pasar Gembrong Baru, Pasar Gondangdia, Pasar Benhil dan Pasar Senen "

Sidak ini dilakukan di dua pasar tradisional yaitu Pasar Gembrong Baru, Cempaka Putih dan di Pasar Kemayoran, Kecamatan Kemayoran. Laboratorium uji mutu hasil peternakan dan uji hasil pertanian Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta juga ikut dilibatkan dalam sidak ini.

Kepala Seksi Peternakan Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jakarta Pusat, Hasudungan mengatakan, Uji produk peternakan dilakukan untuk melihat peredaran kandungan boraks di sejumlah makanan seperti bakso, ayam, kikil, dan kornet.

Sementara itu pengujian produk makanan perikanan dilakukan untuk mengetahui jika ada peredaran formalin pada sejumlah ikan segar yang dijual di pasar. Sidak ini sendiri dilakukan pada pukul 6 pagi saat aktivitas pasar sedang ramai.

"Setelah disidak Pasar Gembrong semuanya negatif, untuk Pasar Kemayoran kita masih menunggu hasil pengujiannya," ujarnya, Selasa, (26/5).

Ke depan, sidak rutin akan dilakukan setiap bulan khusus untuk wilayah Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan sebagai upaya pembebasan pasar tradisional dari bahan berbahaya.

"Ada lima pasar yang kita targetkan bebas dari produk berbahaya yaitu Pasar Kemayoran, Pasar Gembrong Baru, Pasar Gondangdia, Pasar Benhil dan Pasar Senen," jelasnya.

TOP